Cara Berdiet Sehat, Alami, Cukup Dalam Waktu 1 Minggu

Cara Berdiet Sehat, Alami, Cukup Dalam Waktu 1 Minggu - Semua orang tahu kunci untuk menurunkan berat badan yaitu dengan makan lebih sedikit dan berolahraga lebih sering. Kedengarannya cukup sederhana, tapi dalam konteks kehidupan nyata dan tuntutannya, itu bisa apa saja tidak menjadi  sederhana. Jadi bagaimana anda dapat melakukan diet dengan sukses? Diet adalah mengatur pola makan sehingga memilih makanan yang anda konsumsi setiap harinya dengan cara yang sehat. Bagi anda yang melakukan diet tanpa memberikan asupan nutrisi sepanjang hari maka kalori yang dibutuhkan oleh tubuh akan diproses melalui cadangan kalori sehingga mengakibatkan anda dalam rentan waktu yang singkat cepat lapar. Menjaga pola makan adalah cara yang terbaik dalam melakukan diet. Pola makan tiga kali sehari dengan jumlah kalori yang dikurangin dan asupan nutrisi lain harus tetap terjaga keseimbangannya adalah cara terbaik melakukan diet.



Penyebab dan Resiko Kegemukan


Penyebab Kegemukan:

1. Ketidakseimbangan kalori

Menurut Dr. George Bray, pakar ternama bidang obesitas, tak ada alasan tersembunyi dari obesitas. Banyak orang makan secara berlebihan karena rasanya lezat. Bray merupakan pakar yang memperkenalkan teori "kalori masuk, kalori keluar". Kondisi tersebut tentu akan membuat berat badan bertambah. Selain dari makanan, kalori dari minuman menurutnya lebih berbahaya karena mengandung fruktosa atau gula buah karena tubuh dengan mudah mengubahnya menjadi lemak. Kalori cair juga berdampak lebih buruk dibanding makanan padat karena masuk dengan gampang ke dalam perut. Akumulasi kalori yang tidak terbakar ini akan menjadi lemak, sehingga Anda dengan mudah menjadi gemuk meski sudah pantang berbagai makanan.

2. Produksi makanan berlebihan

Dibandingkan dengan era tahun 1970-an, saat ini kita dengan mudah mendapatkan makanan. Dalam penelitian yang dilakukan di AS diketahui, saat ini makanan yang diproduksi untuk setiap orang mengandung 750 kalori lebih banyak. Mereka yang kegemukan adalah yang mengonsumsi kalori berlebih ini.

3. Makanan sebabkan kecanduan

Menurut teori Dr. David Kessler, dokter dan mantan komisioner FDA ada alasan mengapa orang makan terlalu banyak. Salah satu risetnya adalah mengumpulkan bungkus makanan yang dibuang di sebuah lapangan parkir Chili. Industri makanan menciptakan makanan yang sangat kaya rasa sehingga 'membajak' bagian otak kita yang mengatakan makanan itu enak. Kemudian membuat kita mau lagi dan lagi sehingga akhirnya kita makan terlalu banyak.

4.  Racun

Bruce Blumberg, pakar biologi sedang meneliti obesogen. Zat ini hadir dalam makanan, bungkus makanan dan minuman, perlengkapan mandi, furnitur, cat, dan ratusan perabot rumah tangga yang memengaruhi hormon tubuh kita dan meningkatkan berat badan.

5. Gula
Ada yang kurang dari teori "kalori masuk dan kalori keluar", demikian menurut Gary Taubes, seorang jurnalis sains. Menurutnya, obesitas terjadi karena pola makan kita lebih banyak karbohidrat. Mengonsumsi terlalu banyak gula akan memicu hormon insulin yang akan memicu rasa lapar dan kalori tersebut akan disimpan sebagai lemak.



Resiko Kegemukan:

Fenomena kegemukan, selain tidak bagus secara fisik, kegemukan juga memicu timbulnya berbagai macam penyakit berbahaya. Orang dengan berat badan berlebih cenderung atau gemuk lebih gampang terserang penyakit dari pada orang yang memiliki berat badan proporsional. Jika sekarang Anda merasa gemuk, maka Anda perlu berhati-hati dan segera menanggulanginya sebelum terlambat. Berikut adalah sebagian kecil penyakit yang dipicu oleh kegemukan:


  1. Diabetes (kencing manis). Penelitian ogilvie menemukan fakta bahwa 11 dari 18 orang yang mengalami kegemukan terkena penyakit diabetes militus
  2. Hipertensi (darah tinggi). Kegemukan menyebabkan tekanan-tekanan khusus pada pembuluh darah sehigga menjadi sempit. Akhirnya, orang yang megnalami kegemukan lebih mudah terkena penyakit hipertensi.
  3. Stroke
  4. Batu Empedu
  5. Lever (hati)
  6. Jantung Koroner. Jika tubuh Anda gemuk,  aliran darah menjadi tidak lancar, sehingga jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Akibatnya, katup pemompa darah yang berada di jantung bisa mngalami kerusakan.
  7. Kanker
  8. Asma
  9. Artritis (nyeri sendi
  10. Dan lain sebagainya.


Setelah membaca akibat berat badan yang berlebih tentu agan dan aganwati jadi ngeri bukan? Makanya prinsip mencegah itu lebih baik daripada mengobati merupakan prinsip hidup yang harus selalu dipegang karena kalau sudah terkena penyakit akibat kelebihan berat badan seperti diatas akan menghabiskan kekayaan kita berapapun kekayaan anda itu juga akan mengurangi kenikmatan hidup karena kesehatan merupakan nikmat nomer satu yang diberikan Allah SWT kepada kita semua. Mau kedua mata anda ditukar dengan uang 10 miliar? Tentu tak mau bukan? Inilah bukti bahwa kesehatan itu lebih mahal daripada sekedar materi atau uang. Untuk mengetahui apakah agan terkena kelebihan berat badan atau tidak maka diperlukan sebuah parameter, disini kita bisa memakai standar BMI (Body Mass Index) yang digunakan untuk mengukur kadar lemak didalam tubuh, semakin tinggi angka BMI akan meningkatkan resiko penyakit yang berhubungan dengan kelebihan berat badan. Bagaimana cara menghitung BMI? Berikut rumus dan caranya.

BMI = (BB) / [(TB) * (TB)]

Misalnya: BB = 45 kg dan TB = 165 cm, maka

BMI = (45) / [(1.65) * (1.65)] = 16.5

Apakah Anda termasuk kurus, normal, atau overwight? Lihat patokan di bawah ini:
BMI < 18.5 = berat badan kurang (underweight)
BMI 18.5 - 24 = normal
BMI 25 - 29 = kelebihan berat badan (overweight)
BMI >30 = obesitas

Makanan Yang Harus Dihindari Saat Diet

Sebagian besar kita secara sadar menghindari restoran makanan cepat saji atau camilan berlemak saat sedang berdiet. Namun ternyata, ada beberapa makanan yang tanpa sadar kita beli atau simpan secara teratur di lemari es—yang sesungguhnya bisa membuat agenda diet kita bubar jalan. Mau tahu apa saja?



1. Makanan Cepat Saji

2. Nasi Putih

3. Soda Diet

5. Bumbu Salad

6. Saus Tomat

7. Penyedap Rasa

8. Kecap

9. Roti Tawar Putih, atau jenis roti lainnya, kecuali Roti Gandum

10. Smoothies

11. Jus Buah Kemasan

12. Camilan Rendah kalori

13. Makanan Kaleng

14. Alkohol

15. Pemanis Buatan atau Makanan & Minuman Manis Lainnya

16. Susu Kental Manis

17. Kuah Daging

18. Permen

19. Keripik Kentang

20. Daging Olahan

21. Es Krim

22. Jajanan Gorengan

23. Aneka Krim

24. Mayones

25. Daging Olahan

26. Sereal Manis

27. Minuman Bersoda

28. Kopi Instan

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Cepat, Alami, dan Sehat


1. Atur Menu Makanmu Sendiri

Hentikan konsumsi junk food dan coba untuk membuat menu sehatmu sendiri. Jangan khawatir kalau kamu tidak bisa memasak. Di internet saat ini sudah banyak tersedia menu-menu sehat dan mudah untuk kamu buat sendiri di rumah. Selain lebih sehat dan membantumu menurunkan berat badan, memasak makanan sendiri juga dapat menghemat uangmu. Jangan lupa awasi bahan-bahan yang kamu gunakan untuk memasak, supaya asupan gizimu tetap cukup dan seimbang. Walau targetmu adalah menjadi lebih ideal dalam waktu sebulan, kamu harus mengubah pola makanmu dengan teratur dan bertahap.

2. Kurangi Asupan Daging

Mengganti sebagian asupan dagingmu dengan sayuran dan sumber protein nabati merupakan salah satu cara efektif untuk menurunkan berat badan dengan cepat, tetapi sehat dan alami. Bukan berarti kamu harus berhenti makan daging selamanya, lho. Kamu hanya perlu mengurangi sebagian asupannya dan memperbanyak porsi sayuran untuk menggantinya. Mengurangi asupan daging juga berarti mengurangi asupan lemak ke dalam tubuh. Ini akan membuat tubuhmu lebih sehat dan ringan. Kulitmu juga akan lebih berkilau.

3. Tidur yang Cukup

Sering begadang waktu malam hari dapat meningkatkan nafsu makanmu, lho. Di tahun 2009, para researcher dariUniversity of California Los Angeles menemukan hubungan antara waktu tidur yang kurang dan naiknya kadar hormon ghrelin dalam tubuh saat siang menjelang. Ghrelin adalah hormon yang membuat kita merasa lapar. Mungkin suatu hari kamu akan menemukan dirimu makan dengan tidak terkontrol karenanya. Hal ini tentu saja dapat mengganggu proses dietmu. Salah satu cara untuk menurunkan berat badan dalam 1 bulan adalah dengan tidur yang cukup. Di waktu tidur ini lah organ-organmu dapat bekerja maksimal untuk menyerap gizi dan detoksifikasi yang dapat membantu proses dietmu.

4. Jangan Sentuh Alkohol Dan Minuman Bersoda

Kamu kadang terlalu memperhatikan apa yang kamu makan hingga lupa bahwa minuman yang kamu minum juga berkontribusi dalam menaikkan atau menurunkan berat badanmu. Padahal, minuman seperti alkohol dan soda bisa membuatmu gendut. Menteri Kesehatan Inggris menemukan bahwa orang Inggris rata-rata mendapatkan 2000 kilo kalori dari konsumsi minuman-minuman beralkohol tiap bulannya. Alkohol memang tidak memiliki kandungan lemak, tetapi dapat menambah 7 kalori ke tubuhmu setiap gramnya. Sementara, minuman berkarbonasi seperti Coca Cola dapat menambah 245 kalori setiap harinya ke dalam tubuhmu. Jadi, kalau kamu ingin mendapatkan berat badan ideal dalam 1 bulan, say no to alcohol and carbonated drinks!

5. Hindari Makan di Luar

Kebanyakan makanan di restoran memiliki kandungan lemak dan kalori yang sangat tinggi. Ini bisa berasal dari banyaknya minyak, gula, dan garam yang digunakan untuk memasak. Lemak dan kalori yang terdapat pada makanan tersebut tidak begitu dibutuhkan oleh tubuh dan dapat mengancam kesehatanmu jika dikonsumsi secara rutin. Nah, untuk mendapatkan berat badan ideal dalam 1 bulan, hindari makan di luar. Masak makanan sehat untuk dirimu sendiri di rumah!

6. Olahraga Dengan Rutin

Kamu tidak perlu melakukan olahraga yang sulit dan membutuhkan usaha begitu besar untuk melakukannya. Kamu hanya perlu melakukan gerakan-gerakan olahraga mudah di rumah atau jogging selama ± 30 menit setiap harinya. Variasi gerakan olahraga mudah ini bisa banyak kamu temukan di internet. Olahraga dan diet merupakan dua hal yang saling melengkapi. Kamu harus melakukan keduanya dengan seimbang jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Kalau kamu sudah berbulan-bulan tidak olahraga dan bingung bagaimana cara memulainya lagi, Jika masih kurang olahraga, berikut saya sarankan olahraga yang cocok bagi para pediet:


  • Kardio: Latihan atau olahraga kardio menjadi olahraga yang paling direkomendasikan para ahli untuk menurunkan berat badan. Dengan melakukan latihan kardio selama 30 menit setiap hari, jantung Anda akan semakin sehat karena berdetak cepat. Karena hal itu pulallah, proses pembakaran lemak dan kalori terjadi dengan maksimal hingga akhirnya mampu mengurangi berat badan.
  •  Angkat beban: Olah raga angkat beban ini akan sangat efektif untuk menurunkan bert badan. Tapi tidak dianjurkan dilakukan disetiap sesi olahraga. Mengapa? Angkat beban secara rutin malah dapat membuat beberapa bagian tubuh membesar. Jadi, agar berat badan turun, latihan angkat beban ini bisa dilakukan 1-2 kali dalam seminggu.
  •  Yoga: Yoga juga direkomendasikan sebgai salah satu olahraga yang cukup efektif membakar lemak dan kalori. Keuntungan lainnya, yoga juga memberikan efek relaksasi. Degan melakukan yoga fleksibilitas tubuh yang menurun seiring bertambahnya usia akan diperbaiki. Fleksibitas itu berpengaruh pada kemampuan tubuh menjaga proses metabolisme. Semakin menurun fleksibilitas tubuh, berat badan akan semakin mudah naik dan akan sangat susah turun kembali. Fleksibilitas yang membaik karena yoga akan membantu mengembalikan tubuh ke bentuk semula. 
  • Olahraga tim: Kadang, yang membuat berat badan susah turun adalah karena seseorang malas berolahraga. Salah satu cara untuk menyiasatinya adalah dengan melakukan olahraga yang bisa dilakukan beramai-ramai sehingga menciptakan suasana yang seru. Yakin, orang yang malas akan jadi bersemangat jika teman-temannya terlibat dan ikut berolahraga. Itulah yang membuat olahraga tim seperti voly, basket, futsal, bulu tangkis beregu sangat efektif dilakukan untuk membantu menurunkan berat badan.
  •  Fitnes di rumah: Fitnes juga telah terbukti mampu membuat seseorang memperoleh kembali berat badan idealnya dengan latihan rutin. Hanya saja kadang fitness di gym membutuhkan biaya yang cukup banyak. Banyak orang juga merasa kesulitan melakukannya karena tak punya waktu atau tempat latihannya jauh dari tempat tinggal. Namun hal tersebut bisa diatasi dengan melakukan sendiri gerakan-gerakan fitness di rumah. Bisa dan mudah dilakukan kok. Anda cukup menyiapkan pakaian fitness, sepatu dan musik favorit. Setelahnya, Anda bisa melakukan gerakan-gerakan fitness seperti sit up, push up, squat atau yang lainnya. Mudah dan murah. 
  • Weight bearing: Contoh olahraga yang dapat dimasukkan kategori ini adalah seperti jogging, jalan santai, jalan cepat, dan lainnya. mafaatnya tak hanya menurun kan berat badan dengan membakar lemak dan kalori saja, tapi juga mampu memperkuat tulang. 
  • Non Weight bearing: Yang termasuk olahraga kategori ini antara lain adalah bersepeda dan berenang. Olahraga ini memungkinkan tubuh bergerak secara aktif sehingga akan membakar lemak dan kalori. Hasilnya, berat bdanpun akan turun. Efek baik lainnya, adalah membuat persendian semakin kuat dan bebas keluhan.


7. Ucapkan Selamat Tinggal Pada Gula

Ketika kamu berkomitmen untuk mendapatkan berat badan ideal dalam waktu 1 bulan, kamu harus benar-benar menghentikan konsumsi gulamu. Hindari penggunaan gula pada masakan, kopi, teh, dan minuman lainnya. Awalnya mungkin akan terasa sulit untuk dilakukan. Tapi cara ini memang efektif untuk membantumu menurunkan berat badan.

8. Perbanyak Konsumsi Buah

Konsumsilah buah sebagai pengganti camilanmu. Buah dapat mengobati rasa laparmu dengan kandungan gula alaminya, dan yang paling penting, ini membantumu dalam menurunkan berat badan.

Kamu dapat memberi variasi dalam mengkonsumsi buah untuk menghindari rasa bosan. Selain memotong-potong buah, kamu juga dapat mengolahnya menjadi salad, jus, atau variasi snack.

9. Kurangi  Stress

Stres dan keadaan hati yang buruk akan meningkatkan selera makan yang akan berimbas pada kenaikan berat badan. Pola pikir yang sehat akan sangat mendukung berhasilnya diet sehat apabila sedang melakukan program diet.

10.Mengurangi  Porsi Makan

Mengurangi porsi makan dikarenakan untuk mengurangi banyaknya makanan yang banyak mengandung lemak dan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Semakin sedikit lemak atau kalori yang masuk pada tubuh, maka semakin cepat berat badan untuk turun. Selain itu, Anda juga bisa mengganti makan yang mengandung lemak dengan sayur-sayuran.

11.Mengkonsumsi  Air Putih

Jika Anda mengalami dehidrasi, maka sistem metabolisme tubuh akan terganggu. Hal tersebut lah yang dapat menyebabkan terjadinya penimbunan lemak yang semakin besar. Pastikan untuk mengkonsumsi air putih agar tidak dehidrasi dan setidaknya Anda mengkonsumsi 8 gelas air putih perhari.

Berusaha menurunkan berat badan dengan pola hidup sehat tidak akan memberatkanmu. Kamu dapat tetap makan seperti biasa, tetapi dengan asupan gizi yang lebih baik dan seimbang dan jangan lupa lakukan olahraga yang tepat serta memperhatikan prosedur-prosedur dalam berdiet. Langkah-langkah di atas merupakan cara alami, sehat, dan mudah untuk mendapatkan berat badan ideal dalam waktu paling singkat 1 minggu. Carilah motivasi agar program menurunkan beran badan anda bisa lancar dan tidak terhenti di tengan jalan. Dan jika anda sudah berhasil melaksanakan program diet, anda pasti akan mendapatkan tubuh ideal yang seksi dan langsing bagi wanita serta tubuh berotot bagi pria.

Trik menurunkan berat badan, melangsingkan tubuh, dan agar cepat kurus secara mudah, cepat, alami, dan sehat secara maksimal selama 1 minggu saja.

Trik menurunkan berat badan, melangsingkan tubuh, dan agar cepat kurus secara mudah, cepat, alami, dan sehat secara maksimal selama 1 minggu saja.


Selamat Mencoba 
Bantu Kami dengan Klik Tombol Share di Bawah ini